Tes TOEFL Online

Melamar Kerja di BUMN

Mendaftar CPNS

Kelulusan S1, S2, & S3

Persyaratan Skripsi/Thesis

Tes TOEFL Online

Melamar Kerja di BUMN

Mendaftar CPNS

Kelulusan S1, S2, & S3

Persyaratan Skripsi/Thesis

Story

Bagaimana Sistem TES AcEPT UGM?

Buku Ebook Bahan untuk menghadapi Tes Toefl

Halo semuanya, ini postingan pertama saya membahas tentang tes Acept UGM 2022. pada website ini saya akan berbagai artikel tentang informasi Tes, Soal, dan Buku Bahasa Inggris. so cek website ini terus ya. Pada kesempatan ini saya akan mengulas sebuah tes dari Universitas Gadjah Mada atau UGM, dimana UGM memiliki sebuah tes yang bernama AcEPT? Apa itu tes AcEPT UGM? Bagaimana sistem tes nya?, apakah berbeda dengan tes bahasa inggris yang lain seperti TOEFL atau IELTS dan Bagaimana cara mendaftar tes Acept secara online? untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang tes Bahasa Inggris AcEPT di UGM.

soal update ugm 2022 ,pengertian dan penjelasan tes acept

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas yang berada di kota Yogyakarta. Universitas ini telah menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Banyak orang dari berbagai daerah yang berkeinginan untuk kuliah di UGM, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi Mahasiswa di universitas tersebut, salah satunya adalah nilai tes bahasa inggris yang \sesuai dengan aturan yang diberlakukan disana. Tes Bahasa Inggris yang dibuat oleh UGM adalah AcEPT, Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris para mahasiswa yang sedang menempuh semester akhir atau baru mau mendaftar di Universitas Gadjah Mada ( UGM )

Baca juga : Buku Tes Latihan TOEFL ITP terbaru dari ets

Apa itu Tes UGM dan Sistem penilaiannya?

AcEPT merupakan kependekan dari Academic English Proficiency Test, dimana tes ini diselenggarakan oleh UGM sebagai salah satu syarat masuk kuliah S2, ataupun s3. jadi kalau kalian mau lanjut s2 atau s3 di UGM ini adalah salah satu syaratnya, maka dari itu kalian perlu mengetahui lebih mendalam tentang apa itu tes Acept agar nantinya nilai tes bisa tercapai sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh UGM.

Lihat juga : Audio Listening Complete Test 2 Introductory TOEFL

Soal Terima UGM

Bagaimana dengan tipe soal yang diujikan,  apakah berbeda dengan tes TOEFL atau Tes Bahasa Inggris yang lain? menurut saya secara umum model tes UGM sama dengan Tes Bahasa Inggris yang lain, hanya saja ada sedikit modifikasi dalam teknis soal dan juga sistem pengerjaannya. soal yang diujikan pada tes Acept meliputi :

  • Mendengarkan
  • Kosakata
  • Tata bahasa
  • Keterampilan menulis
  • Membaca

Soal Tes Acept terdiri dari lima kemampuan Bahasa Inggris dan soal – soal yang diujikan menuntut anda memahami Bahasa Inggris secara mendalam. kenapa mendalam? menurut saya tipe soal seringkali mengecoh peserta seperti pada soal listening, dimana soal listening acept memberikan sebuah statement dan kadang mengecoh peserta karena  pembicara menyuarakan kata yang hampir mirip seperti sea, see, she. tentunya bagi orang awam yang belajar bahasa inggrisnya setengah-setengah akan bingung memahami dan menentukan mana kata yang tepat jika pengucapannya hampir mirip dengan kata-kata di pilihan jawaban. oleh karenanya kalian harus betul-betul memahami bagaimana model tes AcEPT ini.

Jumlah soal AcEPT

Berapa jumlah soal keseluruhan dan jumlah masing – masing soal di tes Acept? untuk jumlah soal keseluruhan dari kelima soal berikut adalah 170 butir soal dimana jumlah masing-masing soal ada yang berbeda ada juga yang sama. untuk mengetahui lebih detail akan jumlah soal baik masing-masing soal dan keseluruhan, silahkan perhatikan gambar berikut ini :

jumlah soal acept ugm

Dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa soal Listening berjumlah 20, soal Vocabulary juga ada 20, dan soal Grammar, Composing skill, serta Reading masing-masing terdiri dari 40 soal. maka jika di komulatifkan dari kelima soal di atas berjumlah 170.

Hal – hal penting

  • Soal Acept menguji kemampuan Bahasa Inggris peserta yang meliputi Listening, Vocabulary, Grammar, Reading , dan Compossing skills
  • Total pertanyaan 170 item untuk keseluruhan
  • Setiap jenis soal memiliki bobot 2,5 point

Pendalaman Soal AcEPT UGM

Soal Listening AcEPT UGM

Bagian A

adalah soal listening yang mana kalian akan mendengarkan satu orang memberikan sebuah statement dan setelahnya anda menentukan maksud dari pembicara sesuai dengan apa yang dia katakan. perlu dipahami bahwa soal listening part a hanyalah statement saja, dan jawabannya bukan berarti sama persis  dengan pengucapan si pembicara. seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa soal listening bisa mengecoh kalian jika tidak betul-betul memahami perkataan dan maksud dari si pembicara. kadang kita terkecoh dengan kata yang mirip dengan yang ada di jawaban padahal bukan maksudnya. jawaban soal listening Part A lebih ke restatement atau dengan kata-kata lain tetapi memiliki maksud yang sama, oleh karena itu jangan hanya fokus pada kata yang mirip bunyi atau tulisannya saja tapi fokuslah ke pada kata kunci perkataan si pembicara.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam soal Listening

  • Pembicara menyuarakan statement yang tidak benar sesuai dengan tatabahasa
  • Pembicara menyuarakan statement yang tata bahasanya benar tapi tidak efektif
  • Pembicara menyuarakan statement yang tata bahasanya benar, efektif, tapi tidak rasional untuk dipahami.
  • Soal Listening Part A merupakan sebuah soal Listening pernyataan pendek 1 orang
  • Jumlah soal Listening Part A adalah 20 butir soal
  • Tidak ada teks pembicaraan jadi hanya audio saja

Perhatikan contoh Listening Part A berikut ini :

Pria : Dia sudah tidak tinggal di Jakarta

You will read : ( di pilihan jawaban )

A. Dia masih tinggal di Jakarta

B. Dia sudah lama tinggal di Jakarta

C. Dia akan tinggal di Jakarta sedikit lebih lama

D. Dia dulu tinggal di Jakarta.

Jawban 😀 Dia dulu tinggal di Jakarta

Jawaban yang tepat adalah “D” dimana jawaban tersebut memiliki makna yang sama dengan statement dari pembicara, walaupun tidak sama persis sesuai dengan apa yang dikatakan. perlu diketahui bahwa soal Listening AcEPT merupakan soal listening yang menguji kita memahami maksud dari sebuah perkataan bahasa inggris dan jawabannya adalah sinonim atau restatement dari apa yang dia ucapkan.

“He used to live in Jakarta” maksudnya adalah dia dulu tinggal disana, dan sekarang sudah tidak lagi berada di jakarta, kata “used to” merupakan sebuah kata kerja untuk mengekspresikan sebuah kegiatan yang dulu sering dilakukan tapi sekarang sudah tidak lagi dilakukan, statement ini sama dengan pembicara yang mengatakan “no longer” yang berarti tidak lagi ada di Jakarta, tapi dulu dia berada di jakarta setiap harinya.

Tips dan Trik Soal Listening Part A Tes AcEPT

  • Sebelum diperdengarkan perhatikan pilihan jawaban dan coba untuk dipahami maksudnya
  • Dengarkan dengan seksama apa yang dikatakan oleh pembicara
  • Pahami makna yang terkandung pada perkataan dan dengarkan sampai selesai.
  • Pilih jawaban yang artinya sama atau mirip dengan statement yang diperdengarkan.
  • Tidak memilih jawaban hanya karena mirip kata atau bunyi seperti di perkataan

Bagian B

Soal Listening AcEPT bagian kedua adalah Listening PART B, dimana kalian akan mendengarkan sebuah teks pendek yang dibaca oleh narator dan setelah selesai akan ada dua pertanyaan. perlu diperhatikan bahwa waktu yang dimiliki untuk mengerjakan soal listening part B per soal sekitar 15 detik termasuk pertanyaannya dan menjawab.

Hal – hal yang perlu diperhatikan

  • Soal Listening Part B menguji anda memahami sebuah teks yang diperdengarkan
  • Durasi waktu untuk listening Part B sekitar 2 menit
  • Soal Listening Part B ada dua
  • tidak ada transkrip audio

Trik menjawab soal Listening Part B AcEPT

  • Lihat jawaban dulu sebelum diperdengarkan agar kalian dapat memahami arti dan maksudnya
  • Mendengarkan sambil melihat jawaban
  • Fokus pada baris awal karena biasanya yang ditanyakan adalah topik pembahasan
  • Sebuah Topik umumnya di baris awal
  • Jika ada pertanyaan angka maka kalian harus tahu bahwa jawaban tidak secara langsung disebutkan , alias tersirat
  • Jawaban yang rasional secara akademis jadi bukan informal
  • Pahami informasi rinci dari topik pembicaraan

Lihat juga : TOEFL ITP Struktur dan Tertulis Tes Aktual Baru

Kosakata

Soal Vocabulary atau penguasaan kosakata adalah salah satu jenis soal pada tes AcEPT UGM. Bagaimana bentuk soal vocabulary? Perlu kalian ketahui bahwa soal tipe ini menguji pengetahuan kosakata kita yang berhubungan dengan topik akademik. Soal kosakata terbagi menjadi dua bagian :

Bagian Kosakata A

Bagian A yaitu soal kosakata menguji kita bagaimana melengkapi kalimat dalam bentuk bacaan dimana kalimat dalam bacaan tersebut  masih belum lengkap. Kosakata yang diinginkan atau yang menjadi jawaban benar adalah kosakata yang cocok dengan makna kontek dari bacaan tersebut. Bagian A pada sesi Vocabulary Test disebut juga “Closed Test”

Untuk bagian A ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, pertama adalah jenis teks nya, jenis teks yang kalian baca berupa bacaan topik akademik, biasanya berupa jurnal internasional, essay, ataupun sebuah penelitian. Kosakata yang digunakan tentunya bersifat akademik oleh karena itu sering-seringlah membaca jurnal internasional yang topiknya pendidikan atau penelitian.

Bagaimana strategi atau trik mengerjakan soal Vocabulary Bagian A?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk menjawab soal Vocabulary Bagian A :

  • Baca jawaban terlebih dahulu, dan analisa artinya.
  • Baca Kalimat soalnya , dan identifikasi topik bacaan ( Akademik, Jurnal Ilmiah, Ensiklopedia , Suratkabar )
  • Lihat kata setelah bagian yang kosong
  • Pilih jawaban dan cocokkan makna secara keseluruhan yang bersifat logis.

Saya harap kalian paham dengan sistem tes AcEPT di UGM sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta tes. yang paling utama adalah belajar masing-masing soal tes, agar hasil tes bisa melebihi persyaratan untuk mendaftar kuliah di UGM.

Penjelasan Soal Vocabulary, Grammar, Reading, dan Compossingh skills soal Tes AcEPT UGM akan kami update secepatnya.

Taggs:
Komentari Status